BAGIKAN

Sebentar lagi kampus-kampus di Indonesia akan didatangi oleh dedek-dedek mahasiswa baru. Penerimaan mahasiswa baru sudah hampir selesai, tinggal para pemimpin kampus mempersiapkan sambutan untuk kedatangan para mahasiswa baru. Kakak-kakak aktivis dari yang kanan mentok sampai yang kiri putus-putus juga tidak lupa mempersiapkan penjaringan kader. Tak lupa para pemilik kosan dan rumah kontrakan mempersiapkan tempat kos atau kontrakannya agar menjadi pilihan para mahasiswa baru.

Masa datangnya mahasiswa baru adalah masa peruntungan bagi berbagai pihak, buat saya pun begitu. Sudah bosen liat mahasiswanya itu-itu saja, mau cari yang segar dikit lah. Tapi menjadi mahasiswa tidak segampang doi bilang putus. Saya ingat bagaimana dulu ketika menjadi mahasiswa baru. Harus siap mental meninggalkan rumah jika kampusnya jauh dari kota kelahiran, harus siap hidup dengan managenem keuangan sendiri, harus siap berpisah dengan gebetan yang diterima di universitas lain, harus siap membeli perlengkapan-perlengkapan ospek yang kadang tidak masuk akal, sampai harus mempersiapkan diri untuk dicaci maki sama kakak senior ketika ospek.

Tapi dedek-dedek mahasiswa baru tidak usah takut kok, sudah banyak petuah dari para dedengkot mahasiswa yang pantas dipercaya dan tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Pokonya mantab soul deh. Sila saja baca tulisan kakak Alif Raung tentang modus para mahasiswa tua, biar dedek-dedek bisa mengantisipasinya. Lalu jika perlu referensi tentang bagaimana mendekati kakak senior, sila baca saja tulisan kak Aditia Purnomo tentang mahasiswa abadi yang berkualitas.

Mau tips agar cepat lulus? Ada juga lho, silahkan baca tulisan kak Shany yang memberikan tips bagaimana cara menjadi mahasiswa bahagia. Atau tips menghadapi ospek ala kak Immanuel yang kekinian itu. Semuamuanya bisa dibaca di siksakampus.com, website yang memberikan varokah di setiap postingannya. Lebih varokah dibandingkan bisnis ceramah ala Yusuf mansur. Dijamin, setelah kalian membaca berbagai artikel di siksakampus.com pasti lulusnya lama akan jadi mahasiswa paling bahagia.

Tapi kali ini saya tidak mau bikin tips dan trik karena saya tidak mahir membuat tips dan trik layaknya kak Kholid. Saya hanya merekomendasikan sebuah mixtape untuk dedek-dedek yang mau menyambut kehidupan mahasiswa baru yang lebih cemerlang. Karena lagu adalah buah pikir, ekspresi perasaan sekaligus bisa membantu menjalani kelajuan kehidupan millenial ini.

Jikalau nanti dedek mahasiswa baru mendapatkan matakuliah pengantar, maka beberapa lagu yang saya jadikan mixtape ini ibarat matakuliah tersebut. Saya berharap beberapa lagu ini bisa menemani perjalanan baru kalian menjadi mahasiswa baru. Percayalah menjadi mahasiswa baru itu sungguh sangat sederhana, yang hebat-hebat hanya tafsirannya.

Berikut beberapa daftar lagu dalam mixetape untuk menyambut kehidupan mahasiswa baru yang lebih cemerlang:

 

  1. Welcome To The Jungle – Gun’s and Roses

Tentunya banyak yang mengatakan bahwa dunia kampus lebih kejam daripada dunia SMA. Saya kira itu bukan omong kosong belaka, karena memang cobaan ketika menjadi mahasiswa itu lebih besar daripada ketika SMA. Bayangken, jika di SMA semua muridnya berseragam sedangkan di kampus pakaiannya bebas gaes. Godaan mana lagi yang kamu dustakan ketika nongkrong di kantin, tiba-tiba lewat seorang cewek dengan rok mini, rambut pendek, kaki jenjang dan leher yang panjang. Yawla yarob~

Jika para mahasiswa baru bangga sudah bisa masuk ke universitas favoritnya, maka cepat-cepatlah berbahagia. Tapi jangan terlena oleh semua hal itu, ingat kehidupan kampus kadang lebih kejam daripada melihat mantan sudah punya gandengan. Maka lagu yang pas untuk menyambut kehidupan mahasiswa baru adalah Welcome to The Jungle milik GnR. Nikmati saja lagunya dan berpikirlah ulang bahwa kebahagiaan itu fana, hidung Gal Gadot haqiqi.

In the jungle, welcome to the jungle
Watch it bring you to your kn-kn-knees, knees
I wanna watch you bleed

In the jungle welcome to the jungle
Feel my, my, my, my serpentine
Jungle, welcome to the jungle
Watch it bring you to your kn-kn-knees, knees

Down in the jungle, welcome to the jungle
Watch it bring you to your
It’s gonna bring you down, huh

 

  1. Smells Like Teen Spirit – Nirvana

Nirvana adalah jiwa muda, Nirvana adalah ikon, Nirvana adalah idola dan Nirvana adalah sebuah band bukan kelompok lawak. Saya sering menjumpai beberapa remaja memakai kaos bergambar Nirvana maupun wajah Kurt Cobain, namun mereka tidak tahu apa itu Nirvana dan siapa itu Kurt Cobain. Maka kali ini saya perkenalkan Nirvana sebagai sebuah band ikonik pada jamaah semuanya. Nirvana dengan frontman Kurt Cobain pernah membawa tren bunuh diri di kalangan remaja. Melalui kehidupan para personilnya juga lirik-lirik lagu yang mereka tulis. Jika kalian ingin tahu lebih banyak, silahkan searching jha! Kalau ogah, mending kalian pakai kaos NDX jha!

Smells Like Teen Spirit adalah salah satu lagu yang musti kalian dengarkan untuk menyambut kehidupan menjadi mahasiswa baru. Tahu kenapa kalian harus mendengarkan lagu ini? Ben ambune koyok arek enom~

With the lights out, it’s less dangerous
Here we are now, entertain us
Life is stupid and contagious
Here we are now, entertain us
A mulatto
An albino
A mosquito
My libido
Yay!
Hey!
Hey!

I’m worse at what I do best
And for this gift I feel blessed
Our little group has always been
And always will until the end

 

  1. Never Trust Goverment – Resist

Selanjutnya adalah lagu milik Resist yang ada dalam album keroyokan berjudul Memobilisasi Kemuakan yang dirilis oleh Grimlock Record. Never Trust Goverment, sebwa judul yang revolusioner cocok buat para mahasiswa baru yang bercita-cita untuk menjadi aktivis pembela hak-hak rakyat. Ingat, yang benar-benar ingin memperjuangkan hak rakyat lho ya, bukan memperjuangkan hak alumni demi torehan tanda tangan di proposal kegiatan.

Memobilisasi Kemuakan adalah album keroyokan yang berisi 12 lagu dari beberapa musisi untuk merespon pemilihan umum presiden di Indonesia. Lalu saya pilih lagu milik Resist karena memang di dunia ini tidak ada lagi yang dapat dipercaya, mantan saja bisa menjilat ludahnya sendiri kok, apalagi pemerintah. So, jangan pernah percaya sama birokrasi kampus ya!

Kita terlahir di dunia yang penuh dengan akal busuk.

Dimana pohon berdiri menopang bumi.

Pohon terpotong menjadi uang.

Air mengalir penuh dengan sampah kapital.

Dengan malam penuh dengan kebencian.

Kulihat sudut sana penuh dengan gelandangan

Tersudut tersungkur kemajuan jaman.

Berharap dari langit tak pernah datang 

We never trust goverment

 

  1. Orang-orang Di Kerumunan – FSTVLST

Ketika masuk ke kampus, tentu tidak menghilangkan kemungkinan untuk menghadapi berbagai benturan. Apalagi jika universitas yang dipilih berada jauh dari rumah. Tentu akan ditemui budaya baru, keseharian baru dan berbagai hal baru lainnya. Tidak menutup kemungkinan juga para mahasiswa baru terjebak dalam organisasi intra maupun ekstra kampus. Nah, jika sudah ikut organisasi tidak mungkin para mahasiswa akan melewatkan hidup tanpa gesekan maupun benturan. Entah itu dengan diri sendiri, orang lain, organisasi lain dan ideologi lain maupun pacar orang lain.

Maka untuk menyiapkan diri kalian sebagai mahasiswa baru yang ingin hidup dalam organisasi, boleh lah kalian dengar lagu ini. Agar supaya suatu saat kalian sadar bahwa Nella Kharisma memang tidak kalah cantik daripada Raisa.

tak setuju maka beda kubu
tak sepaham lantas baku hantam
yang seiman saling menerakakan

merekalah kerumunan yang lupa, kerumunan yang lupa
bahwasanya mereka kau dan ku sama
hanya manusia, sama manusianya

yang seharusnya

saling peluk selayak saudara
saling jaga seperti keluarga
berbagi cinta berbagi bahagia

 

  1. KANSAS – Sangkakala

Kuliah jauh dari rumah dan jauh dari orang tua, ini kesempatan gaes. Kesempatan untuk mencoba hal-hal yang belum pernah dicoba. Inget! Nakal boleh, bodoh jangan! Maka lagu selanjutnya adalah KANSAS milik band hair metal asal Bantul, Jogjakarta bernama Sangkakala. Tak perlu banyak omong, nikmati saja lagunya sembari menikmati masa remajamu, karena suatu saat kalian juga akan sadar.

Beringas….
Laksana serigala di belantara kota
Aroma raja tega dan jiwa pemangsa
Dendam kesumat dendam membara
Halalkan sgala cara ‘tuk capai tujuannya

Durjana…
Pemuja dunia ahli neraka
Nafsu amoral angkara murka
Berfoya-foya dan berpesta pora
Alcohol, sex, drug, rock n roll n all about psikotropika

Bajingan…
Kata yang familiar senantiasa
Hiasi canda tawa dan langkah-langkah hidupnya
Pembual gila yang bersoda dosa
Tebarkan benih malapetaka

Persetan…
Sedikit congkak penantang dunia
Anti waspada berlagak jumawa
Sedikit cerita masa muda
Tentang semua itulah…

Kami anak nakal suatu saat akan sadar 8X

 

  1. Suket Teki – Via Vallen

Paribasan awak urip kari balung
Lilo tak lakoni
Jebule janjimu jebule sumpahmu
Ra biso digugu

Wong salah ora gelem ngaku salah
Suwe-suwe sopo wonge sek betah
Mripatku uwis ngerti sak nyatane
Kowe selak golek menangmu dewe
Tak tandur pari jebul tukule suket teki

Sebenarnya lagu ini milik Didi Kempot, tapi saya pilihkan yang dinyanyikan Via Valen karena saya seorang Vianisti. Untuk lagu yang terakhir ini, silahkan tanya ke kakak-kakak senior saja. Bagaimana kadang usaha dan kerja keras kita tidak dihargai oleh dosen dan kampus tercinta. Ibarate nandur pari tapi tukule suket teki. Mbladus lek~

 

Sila dengarkan mixetapenya via youtube berikut