BAGIKAN

Mengamati lini masa beberapa bulan terakhir soal para golput yang dicibir, saya jadi merasa kita senasib. Golput dan jomblo itu sama-sama sering diejek. Kita akan disebut orang-orang tak memiliki keberanian memilih, tak berani mengambil keputusan tepat. Penakut. Jele. Misqeen. Seberapa pun kita meyakinkan orang bahwa kita dengan alasan kuat memilih untuk tidak memilih.

Pada akhirnya kita tetap akan mendengar “Jomblo ya jomblo aja, tak menarik, jelek, tak laku.” Tak jauh menyakitkan dari ucapan ustad “Golput sama dengan menyerahkan pilihan pada orang gila, yang artinya (golput) lebih gila.”

Yaudah kebenaran memang milik mayoritas. Kebetulan golput dan jomblo sama-sama dianggap kaum minor. Heh, belum tahu saja mereka kalau kita bersatu.

Eits… tapi saya disini tidak ingin berkampanye mengajak golput, tidak juga berkampanye untuk 01/02, tidak juga berkampanye agar saya dipilih untuk jadi pendampingmu di pelaminan. Karena sudah masuk masa tenang, sebagai warga yang baik tentu saya tak berani berkampanye.

Justru saya ingin mengajak pembaca sekalian datang ke TPS terdekat pada 17 April. Tahu kan TPS itu apa? Pastinya Tempat Pemungutan Suara bukan Tempat Pengolahan sampah. Mau anda pendukung 01, 02, 008, maupun yang golput. Ingat golput juga perlu memastikan suaranya tidak disalahgunakan orang lain.

Nah sebelum anda memastikan untuk melangkah ke TPS, baca dulu kiat-kiat berikut.

1. Jangan lupa mandi sebelum mencoblos atau paling tidak cuci muka, sikat gigi. Jaga-jaga saja siapa tahu ketemu gebetan, mantan atau pacarnya mantan. Jangan lupa juga pipis dan pup dulu, jangan sampe kebelet di TPS. Malu kan ketemu gebetan.

2. Walaupun kamu hobi bertualang, datanglah ke TPS terdekat. KPU itu udah ngasih kemudahan jangan menyusahkan diri sendiri mencari yang jauh, sementara yang dekat saja bisa putus apalagi yang jauhan.

3. Saat di TPS kamu akan diminta lembar C6 atau undangan. Gak mau kan dibilang tamu tak diundang. Jadi pastikan sudah membawa undangan plus eKTP.

4. Masuk ke TPS ikuti saja alurnya, gak perlu buka google map apalagi tanya peta Dora, tenang kamu gak akan kesasar seperti kesasar di masa lalu.

5. Saat di bilik suara, ini yang mengkhawatirkan. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini paling mengkhawatirkan. Sakin banyak youtuber dengan konten-konten tak masuk akal, saya curiga akan ada yang unboxing surat suara saat mencoblos. Tolong pembaca jangan lakukan jika tidak ingin dimarahi panitia.

6. Soal pilihan, saya sih bukan pemaksa. Kalau kamu tidak cocok dengan saya, pilih yang lain saja. Karena kalau kamu senang, saya pasti hanya akan pura-pura senang.

7. Terakhir nih, yang terkahir banget jangan lupa celup jari ke tinta, foto lalu unggah di medsos dengan tagar-tagaran.

+1. Jangan lupa TPS tidak buka 24 jam seperti mini market. Pastikan datang sekitar pukul 07.00 -13.00 untuk memberi suara. Lebih pagi dari waktu itu, boleh kalau kamu mau bantu panitia KPPS. Setelah lewat 13.00 kamu bisa mengikuti perhitungan, lumayan kalau bisa sekalian taruhan.

Sudah ya kalau masih kurang tambah sendiri. Kebetulan saya masih pemilih pemula belum cukup pengalaman berbagi kiat. Kecuali kiat bertahan hidup dengan patah hati. Ya nantilah saya bagikan kiatnya untuk para caleg yang gagal dipilih.

Semoga setelah membaca kiat-kiat ini, kamu paham betul pentingnya ke TPS. Paling tidak tetangga yang tak pernah melihatmu jadi tahu kamu ada. Eiya, peringatan pula bagi para jomblo mending jangan lama-lama di TPS, kelar milih langsung pulang. Sebelum kamu mendengar suara tetangga, “Eh ini anak ibu A ya, masih lajang aja kapan nikah?”

Gedubrak.