BERBAGI

TIDAK MUDAH menghidupi biduk rumah tangga tanpa uang, begitulah pikiran Penjaga Kebun Siksakampus.com. Setelah melewati migrasi hosting yang menegangkan, kami lebih intensif mengobrol. Entah itu bertemu langsung atau melalui media sosial karena memang para penjaga kebun tidak tinggal di satu daerah. Obrolan kami tak jauh dari bahasan bagaimana cara agar Siksakampus.com tetap ada dan berlipat ganda. Kami merasakan bahwa tidak bisa selamanya Siksakampus.com hidup dari uang patungan para Penjaga Kebun. Sudah kerja tak dibayar, disuruh patungan lagi. Sungguh mengenaskan.

Setelah beberapa kali ngobrol maka kami tak bisa mengesampingkan kebutuhan Siksakampus.com. Kami juga tidak bisa terus menerus sendirian karena setiap insan diciptakan berpasang-pasangan, eh. Maka para Penjaga Kebun memutuskan bahwasannya Siksakampus.com akan menerima iklan. Beberapa tawaran dari pihak pengiklan memang sudah kami dapatkan karena Kuli Bangunan sudah memasang ruang iklan di tampilan situs web Siksakampus.com. Tapi para Penjaga Kebun masih berpikir ulang.

Sebelum memutuskan benar-benar menerima iklan, saya dan Elmi Auliya Bayu  mencoba membuat usaha kecil untuk membantu keberlangsungan hidup Siksakampus.com dengan membuat jasa desain. Saya dan Elmi menamainya Cultbrain Custom Artwork dan syukurlah hasil yang didapat cukup untuk biaya migrasi hosting. Tapi Cultbrain tak bisa selamanya jadi kapal barang, apalagi jasa desain yang ditawarkan tidak selamanya ramai peminat. Jadi Siksakampus.com butuh kapal barang lain untuk tetap hidup.

Maka dengan segala pertimbangan, Siksakampus.com akan benar-benar menerima iklan. Salah satu pertimbangan penting tentang penerimaan iklan ini adalah kenyamanan pembaca dan penulis Siksakampus.com. Jadi para penulis dan pembaca setia Siksakampus.com tak perlu khawatir.

OKTOBER 2016, Kuli Bangunan kami mulai menghitung jumlah pembaca situs web Siksakampus.com. Ini tentu hal yang sangat dilakukan, karena sejak awal mengudara kami tak pernah mementingkan jumlah kunjungan, apalagi menghitungnya secara teliti. Kuli Bangunan menghitung jumlah kunjungan sejak April – September 2016.

Museum Louvre di Perancis dikunjungi 8,5 juta orang dalam satu tahun. Siksakampus.com memiliki sebanyak 250 ribu kunjungan dalam setengah tahun. Jika situs web Siksakampus.com adalah sebuah pameran instalasi seni di Museum Louvre, maka butuh waktu sekitar 10 hari bagi semua orang untuk melihat pameran itu.

Namun Siksakampus.com bukan karya seni di Museum Louvre, ia hanya sebuah gagasan kreatif. Rata-rata kunjungan dalam satu bulan sebanyak 40 ribu. Orang-orang datang dan saling berinteraksi lewat tampilan  situs web digital. 69,58% dari mereka mengakses lewat perangkat ponsel pintar. Sebagian lainnya mengakses lewat layar komputer dan tablet.

demografi-usia

Sekitar 42% pengunjung Siksakampus.com berasal dari rentang usia 18-24. Rentang usia ini besar kemungkinan berasal dari kalangan remaja, pelajar, mahasiswa, dan pengusaha atau karyawan muda. Baik laki-laki maupun perempuan.

demografi-jk

Dengan hasil ini, kami berharap Siksakampus.com juga bisa membantu Anda menambah jangkauan Anda. Baik dalam usaha kreatif dan produk yang Anda pasarkan, maupun agenda promosi kegiatan yang akan Anda selenggarakan.

Tentunya kami hanya akan menerima bentuk kerja sama yang tak bertentangan dengan pandangan kami. Iklan bisnis dan agenda perusahaan ekstraksi, partai politik, narkotika, senjata api maupun tajam, dan propaganda sangat kami sarankan untuk beriklan/bekerjasama dengan pihak lain di luar Siksakampus.com.

Dengan segala hormat kami mengucapkan permintaan maaf kepada beberapa pihak pengiklan yang sebelum ini sudah menghubungi kami dan belum kami jawab. Setelah ini, para Penjaga Kebun akan dengan senang hati dan gembira membalas pesan pihak pengiklan.

Sebagai catatan, segala bentuk kerja sama dan iklan ini tidak bisa mempengarui ruang kreatif penulis maupun editor Siksakampus.com dalam mempublikasi naskah dan semua konten yang ada. Pemasukan dari hasil iklan dan kerja sama dengan Siksakampus.com akan digunakan untuk memberi timbal balik (reward) untuk para pembaca yang mau berkontribusi dengan Siksakampus.com. Sebagian kecil lainnya tentu untuk biaya peremajaan dan perawatan situs web.

Jadi jika Anda berminat untuk mengiklankan sesuatu di Siksakampus.com, segera hubungi email kami siksakampus@gmail.com  untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang mekanisme bekerjasama dan biaya beriklan di Siksakampus.com

Tabik,

Pawang Hujan & Kuli Bangunan

BERBAGI
Artikel sebelumyaMau Dibawa Kemana Kampus Kita?
Artikel berikutnya5 Jenis Siksaan Di Kampus
Siksakampus.com adalah media yang dikelola secara komunal oleh mahasiswa yang sedang gelisah akan masa studinya. Media alternatif berisi dinamika kehidupan kampus dalam beragam fase metamormosis ala mahasiswa. Kami mengajak publik untuk bercanda dengan serius. Hubungi kami: siksakampus@gmail.com