BERBAGI

Sister, dalam kamus bahasa inggris memiliki arti saudara perempuan. Tapi dalam tulisan ini bukan ingin membahas tentang sister si saudara perempuan, entah saudara perempuan pacarmu, mantanmu atau saudara perempuan selingkuhanmu, Bukan itu. Sister yang satu ini adalah sister yang sudah terkenal di kalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa universitas jember. Yaps, Sister Unej adalah Sistem Terpadu Universitas Jember. Sistem yang berisikan segala sesuatu tentang mahasiswa universitas jember, mulai dari biodata, status aktif mahasiswa, jadwal perkuliahan sampai kumpulan-kumpulan huruf-huruf yang mengerikan jika sampai banyak bermunculan huruf E di dalam transkrip nilainya. Sister unej bisa dikatakan rekam jejak yang akan dibanggakan untuk masa depan seorang mahasiswa universitas jember. Sister unej juga bisa berubah menjadi sebuah kuburan yang menyeramkan, dan hanya didatangi untuk menabur bunga dan menyanyikan lagu-lagu menyedihkan ketika transkrip nilai yang ada di dalamnya menjadi seragam berhurufkan E ataupun D , Huruf yang selalu dibenci atau bahkan disesali oleh setiap mahasiswa dimana pun mereka berkuliah.

Kemarin-kemarin ini, tepatnya memasuki awal bulan februari 2015, sister menjadi sorotan banyak mata mahasiswa universitas jember. Nama sister menjadi sering diperbincangkan oleh banyak kalangan mahasiswa universitas jember, baik di warung kopi, di sosial media atau bahkan di kosan mantanmu yang sekarang sudah bahagia dengan pacarnya. Nama sister melejit begitu dahsyatnya bak sebuah band atau seorang penyanyi terkenal yang mengeluarkan album baru yang sudah sangat ditunggu-tunggu oleh para fans fanatiknya. Ya. Sister ini dalam beberapa bulan kemarin memang sedang gencar berkarya untuk merangkul para fans fanatiknya kembali. Dua karya yang sepengetahuan saya dibuat oleh si sister ini, yaitu : Aplikasi Sister For Android dan Video Launching Aplikasi sister for android yang kebetulan katanya, teman saya sendiri yang menjadi talentnya ( tapi saya sampai saat ini belum melihat bagaimana video launchingnya, MIRIS ….. ).

Contoh dua karya yang dibuat oleh si sister ini sudah terdengar dan bahkan sudah banyak yang melihat video launchingnya dan mendownload aplikasi sister for androidnya. Akan tetapi, sister tetaplah sister dan hanya ada beberapa kata yang selalu teringat dan bahkan selalu disuarakan oleh para fans fanatiknya ( mahasiswa unej ) yaitu : RIBET, LEMOT, GAK BISA DIAKSES, ERROR, dan masih banyak lagi kata yang serupa yang selalu diteriakan oleh fans fanatiknya ketika ditanya tentang sister. Dan ini yang membuat sister menjadi terkenal di awal februari ini. Maklum, di universitas jember pada bulan februari tahun ini merupakan musim KRS bagi mahasiswa universitas jember dan tentu saja semakin banyak yang ingin berjumpa dengannya di dunia internet untuk mengurus mata kuliah yang akan diambil di semester selanjutnya.

Akan tetapi terlepas dari itu semua, terlepas dari terkenalnya si sister ini. Sister tetaplah pujaan hati seorang mahasiswa universitas jember. Jika kamu yang membaca tulisan ini adalah seorang laki-laki, bolehlah kalian menganggapnya sebagai pacar perempuan kalian dan jika kamu yang membaca tulisan ini adalah seorang perempuan, bolehlah kalian menanggapnya sebagai pacar laki-laki kalian yang kebetulan memiliki nama seperti perempuan.( Tanamkan kalimat tersebut sebelum membaca tulisan selanjutnya. )

 

Sister sang pujaan hati, ingatkah kamu saat pertama menjadi mahasiswa baru universitas jember. Kamu diperkenalkan oleh seorang mak comblang ( Pegawai Akademik Kampus ), kamu tak pernah tahu bagaimana si sister ini, bahkan membayangkannya saja tak pernah. Tapi dengan keahlian dan daya magis mak comblang, kamu bisa berkenalan dan melihat secara langsung bagaimana bentuk tubuhnya dan menatap begitu dalam bagaimana bias wajah yang ditampakannya. Kamu begitu malu-malu saat itu bahkan ragu untuk memulai dari mana untuk mengenal sister ini lebih dalam, dan lagi-lagi si mak comblang mengeluarkan daya magisnya. Mak comblang begitu terampil dan begitu ahli memperkenalkan dan membuatmu lebih mengerti jauh lebih dalam si sister bak pembawa acara reality show yang mempertemukan jomblowan dan jomblowati, ( Entah kemana perginya acara tersebut, Mungkin kalah pamor dengan terong masa kini )

Masa pedekate itu memang selalu indah, (Silahkan tanya ke mantanmu atau ke hatimu sendiri). Setelah kamu berkenalan dengannya di saat kamu menjadi mahasiswa baru, kamu mulai mendekatinya. Semester-semester selanjutnya menjadi jalan Tuhan untukmu mendekatinya lebih dalam dan akhirnya akan menyatakan ikrar suci antara kamu dan sister. Semester berlanjut menjadi Semester Pendekatan dengan sister, Saat nilai sudah muncul kamu bahagia melihat sister, bahkan kamu sering menyempatkan waktu untuk bertemu dengannya secara terus menerus hanya untuk menyapanya dan melihat nilaimu yang begitu luar biasa. Sampai yang terekstrim kamu kenalkan sister ke sahabat-sahabatmu dan bahkan ke orang tuamu hanya untuk melihatkan nilaimu. Kamu mulai menyukainya dan mengikrarkan janji untuk selalu membahagiakan sistermu dengan nilai-nilai mata kuliahmu. Akan tetap ketulusan cinta mengujimu, sister tak seperti yang kau harapkan saat musim KRS datang. Dia lemot, ribet, susah untuk diajak bertemu di internet dan bahkan dia mengacuhkanmu dengan sistem errornya, tapi kau tetap sabar terus bersabar menghadapinya. Kamu tetap mengajaknya bertemu, pagi, siang, malam bahkan dini hari, kamu rela bergadang, rela melupakan makan, dan bahkan rela meluangkan banyak waktumu hanya untuk bertemu. Dan akhirnya, kamu bertemu dengannya, menatap wajahnya dan melihat lekuk tubuhnya. Kamu begitu sumringah dan buru-buru menyelesaikan KRSmu dan segera menyatakan ketulusan hatimu bahwa kamu akan menerima sister apa adanya. ( Rupanya sister memiliki keahlian Tarik ulur hati seseorang yang bagus ).

Semester-semester selanjutnya kamu memasuki semester pacaran dengan sister.. Sesekali kamu bertemu dengannya, melihat transkrip nilai, mengecek ipk, mengecek biodata dan mengecek hal-hal lainnya. Selalu ada alasan untukmu bertemu dengannya di jejaring internet. Kamu menerima sister dengan apa adanya, saat sister begitu menyebalkan dan mengesalkan kamu hanya mengelus dada dan selalu mengerti. Saat sister sulit untuk diajak bertemu di jejaring internet, kamu tetap tabah menerima dan tak pernah memaksanya. Begitu berat memang masa pacaran, karena meraih tak semudah mempertahankan.

Dan akhirnya semester akhir datang, semester dimana kamu sudah mengalami kejenuhan dan kebosanan dengan sang pujaan hati, sister. Kamu sudah jarang mengajaknya bertemu bahkan menatap wajahnya dan melihat lekuk tubuhnya saja sudah bosan. Saat sister sulit untuk kamu ajak bertemu dengan alasan klasiknya ( RIBET, LEMOT, GAK BISA DIAKES, ERROR, Dsb) , kamu tak lagi sabar, kamu mengacuhkannya dan sering mengeluarkan kalimat “Halah, babah wes, engkok lek kenek-kenek dewe”. Kamu sudah jenuh, bosan dan segera ingin mengakhiri semuanya dengan kelulusanmu. Dan akhirnya, Masa wisuda datang. Masa dimana kamu akan mengakhiri cerita cintamu dengan sister sang pujaan hati.Tak ada lagi ketulusan yang dulu kamu bangun, Tak ada lagi kesabaran yang terpupuk seperti dulu, Tak ada lagi waktu bertemu yang kamu dulu selalu sempatkan untuk menatap wajah dan melihat lekuk tubuhnya. Semua tak ada lagi, saat toga sudah dikepala dan tali suci sudah dipindahkan oleh tangan suci sang rektor, sejak saat itu sister resmi menjadi mantanmu.

 

 

{{ Cintailah dan Sayangilah Sister, saat kamu dan dia masih bersamana. Dan kenanglah dan rindukan sister di kenanganmu saat waktumu dengannya sudah habis termakan kata “WIS UDA” }}

 

BERBAGI
Artikel sebelumyaPengalaman
Artikel berikutnyaKRS adalah Kita, Kita adalah Korban Sistem
Syndi Nur Septian, ( Kalau di twitter @Syndi_Ns ) || Mahasiswa Akhir, Cukup itu aja.